SHOLAT


Assalammu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh…

Innalhamdalillah nahmaduhu wanursolli ala rosullihil karim..amma’ ba’du..

Alhamdulillah kita bersyukur kepada Alloh swt bahwa pada saat ini kita masih diberikan nikmat sehat, nikmat kehidupan agar kita bisa melaksanakan ibadah/bertaubat kepada Alloh swt, diantara nikmat yang besar diantara nikmat semuanya yaitu nikmat Iman dan Islam.

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Junjungan kita Baginda Rosululloh saw, para keluarga, sahabat,dan semoga sampai kepada kita selaku ummatnya…aamiin yaa robbal alaamiin…

Saudaraku….yang sama sama mencari ridho Alloh swt….Alloh swt telah menetapkan kebahagiaan, kesuksesan dan kejayaan di dunia dan akherat hanya pada amal agama yang sempurna bukan pada harta, dan juga bukan pada jabatan yaitu yang dibawa dan dicontohkan oleh baginda Rosululloh saw.

Saudaraku..yang sama sama mencari ridho Alloh swt…..Alloh swt tidak menetapkan kebahagiaan di dunia dan akherat pada Harta sebagaimana kisah Korun Laknatulloh alaih karena pada diri Korun tidak ada amal agama maka Alloh swt binasakan dan benamkan harta yang dimilkinya. Begitu juga pada Jabatan, contoh bahwa Alloh swt tidak menetapkan Kebahagiaan dan kesuksesan didunia dan akherat bukan pada Jabatan sebagaimana yang terjadi pada Fir’aun Laknatulloh alaih karena pada diri Fir’aun Laknatulloh alaih tidak ada amal agama bahkan sudah merasa menjadi Tuhan maka Alloh swt binasakan dan tenggelamkan kedalam lautan bahkan saking hinanya Fir’aun Laknatulloh alaih diriwayatkan ikan yang ada dilautanpun begitu jijik dengan tidak mau memakan bangkai dari Fir’aun Laknatulloh alaih sehingga sampai saat inipun jasadnya masih Alloh swt utuhkan, ini sebagai pelajaran buat kita sebagai mahluknya agar mentaati perintah Alloh swt melalui yang dicontohkan oleh Baginda Rosululloh saw…

Saudaraku…yang sama sama mencari ridho Alloh swt….begitu juga sekarang kita sebagai ummat Rosululloh saw, kita akan hina dan rendah di mata Alloh swt apabila dalam diri kita tidak ada amal agama.

Saudaraku…pada saat ini kehidupan ummat Islam begitu terlena dengan kehidupan dunia yang sementara, kita dipusingkan dengan permasalahan permasalahan dunia yang apabila kita salah dalam mencari solusinya maka kita akan terjerumus kedalam kemaksiatan, banyak sekali saudara kita yang menyelesaikan masalah dengan hal hal yang jauh dari ajaran agama Islam padahal sudah jelas Alloh swt memerintahkan kepada kita.

Alloh swt berfirman dalam surat albaqoroh:45 yang artinya “Carilah pertolongan Alloh dengan sabar dan sholat”

Dari Abu Hurairah ra dia berkata: Nabi saw bersabda:

“Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah shalatnya. Rabb kita Jalla wa ‘Azza berfirman kepada para malaikat-Nya -padahal Dia lebih mengetahui, Periksalah Sholat HambaKu , sempurnakah atau justru kurang?” Sekiranya sempurna, maka akan dituliskan baginya dengan sempurna, dan jika terdapat kekurangan maka Allah berfirman,  “Periksalah lagi, apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah?”  Jikalau terdapat shalat sunnahnya, Allah berfirman, “Sempurnakanlah kekurangan yang ada pada shalat wajib hamba-Ku itu dengan shalat sunnahnya.” Selanjutnya semua amal manusia akan dihisab dengan cara demikian.” (HR. Abu Daud no. 964, At-Tirmizi no. 413, An-Nasai no. 461-463, dan Ibnu Majah no. 1425. Dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 2571)

Saudaraku…yang sama sama mencari ridho Alloh swt….begitu pentingnya Sholat bagi kita sebagai Hamba Alloh swt dan Ummat Rosululloh saw, maka pada saat beliau mau wafat beliau wasiatkan,

Anas bin Malik r.a. berkata: “Ketika roh Rasulullah s.a.w. telah sampai di dada beliau telah bersabda: “Aku wasiatkan kepada kamu agar kamu semua menjaga shalat dan apa-apa yang telah diperintahkan ke atasmu.”

Saudaraku…yang sama sama mencari ridho Alloh swt….Rosululloh saw mencontohkan bahwa dalam melaksanakan Sholat ada 3 tertib yaitu Tertib Waktu (Di awal Waktu), Tertib Tempat (tempat adzan dikumandangkan/Masjid) dan Tertib Cara (Caranya Berjamaah), bahkan sampai beliau mau wafat pun beliau Sholat di Masjid dengan dipapah oleh para Sahabat Ra.

Saudaraku…yang sama sama mencari ridho Alloh swt….berikut adalah beberapa keutamaan sholat berjamaah :

sebagaimana hadist berikut:

Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:
“Shalat seseorang yang dikerjakan secara berjama’ah, pahalanya melebihi shalatnya yang dikerjakan secara sendirian di rumah atau dipasar dengan selisih pahala 25 derajat. Yang demikian itu bisa diraih jika dia mau berwudhu secara sempurna, lalu keluar menuju masjid yang tujuannya tiada lain mengerjakan shalat. Tidaklah dia melangkahkan kakinya (saat menuju masjid), melainkan dengannya derajatnya ditinggikan dan dosanya akan dihapus. Jika dia telah mengerjakan shalat, para malaikat akan tetap bershalawat kepadanya selama masih berada di tempat shalatnya dan belum berhadats. Para malaikat berucap: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan ampunan kepadanya. Ya Allah, kasih sayangilah dia.” Dan dia dianggap mengerjakan shalat selama menunggu dikerjakannya shalat.”
Dari hadist diatas bisa dirangkum, sebagai berikut:

1. Pahala yang berlipat ganda

2. Mengahpus dosa dan mengangkat derajat

3. Dido’akan oleh para malaikat

4. Terhindar dari penguasaan syetan

5. Ketentraman dan Persatuan.

Selain keutamaan dari Sholat berjamaah, begitupun apabila kita meninggalkan Sholat maka kita akan mendapatkan kerugian-kerugian, antara lain:

Dalam sebuah hadis menerangkan bahawa Rasulullah S.A.W telah bersabda : “Barang siapa yang mengabaikan solat secara berjemaah maka Allah S.W.T akan mengenakan 12 tindakan yang merbahaya ke atasnya.

Tiga darinya akan dirasainya semasa di dunia ini antaranya :-

1. Allah S.W.T akan menghilangkan berkat dari usahanya dan begitu juga terhadap rezekinya.

2. Allah S.W.T mencabut nur orang-orang mukmin daripadanya.

3. Dia akan dibenci oleh orang-orang yang beriman.

Tiga macam bahaya adalah ketika dia hendak mati, antaranya :

4. Roh dicabut ketika dia di dalam keadaan yang sangat haus walaupun ia telah meminum seluruh air laut.

5. Dia akan merasa yang amat pedih ketika Roh dicabut keluar.

6. Dia akan dirisaukan akan hilang imannya.

Tiga macam bahaya yang akan dihadapinya ketika berada di dalam kubur, antaranya :-

7. Dia akan merasa susah terhadap pertanyaan malaikat mungkar dan nakir yang sangat mengerikan.

8. Kuburnya akan menjadi cukup gelap.

9. Kuburnya akan menghimpit sehingga semua tulang rusuknya berkumpul (seperti jari bertemu jari).

Tiga lagi azab nanti di hari kiamat, antaranya :

10. Hisab ke atasnya menjadi sangat berat.

11. Allah S.W.T sangat murka kepadanya.

12. Allah S.W.T akan menyiksanya dengan api neraka.

Saudaraku…yang sama sama mencari ridho Alloh swt….mari kita sama sama mengamalkan apa yang Panutan kita Rosululloh saw wasiatkan kepada kita sebagai ummatnya, apabila kita tidak mencontoh panutan kita kepada siapa lagi akan mencontoh?, Apakah saudaraku punya Panutan Lain selain Baginda Rosululloh saw?…insyaalloh TENTU TIDAK!!!

Untuk itu…Marilah mulai dari sekarang kita belajar disiplin dalam melaksanakan perintah Alloh swt dengan yang dicontohkan oleh Baginda Rosululloh saw…

Akhirnya…saya cukupkan dulu Tholabul ilmi ini, semoga bermanfaat khususnya bagi saya sendiri dan bagi saudara saudaraku semua…. semua yang benar datangnya mutlak dari Alloh swt dan yang kurang/salah adalah kesalahan dan kekurangan diri saya pribadi, untuk itu saya beristighfar kepada Alloh swt…Astaghfirulloh aladziim…

saya yang menyampaikannya insyaalloh niat amal dan sampaikan…Bagaimana dengan saudara saudaraku?….insyaalloh…

kita tutup dengan do’a kifaratul majelis…

“Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astagfiruka wa’atubu ilaik”

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalammu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh…

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *